Kamis, 17 Maret 2011

dua perintah nabi agar bergaul dengan ulama

nabi bersabda :
"hendaknya kalian duduk bersama ulama dan mendengarkan perkataan hukama'(orang bijak), karena sesungguhnya Alloh ta'ala menghidupkan hati yang mati dengan cahaya hikmah sebagaimana menghidupkan hati yang mati dengan cahaya hikmah sebagaimana menghidupkan bumi yang mati dengan air hujan."
dalam riwayat Thabarani dari Abu Hanifah disebutkan:
"duduklah bersama kubara'(ulama besar) dan bertanyalah kepada para ulama serta bergaullah dengan para hukama'(orang bijak)."
dalam riwayat lain dikatakan :
"duduklah bersama ulama dan bergaullah dengan para hukama' serta akrabilah kubara'."

pada dasarnya ulama itu terbagi menjadi tiga kelompok :
  1. ulama yang sangat menguasai dan memahami hukum hukum Allah. ulama seperti ini disebut dengan ash-habul fatwa, yaitu ulama yang banyak mengeluarkan fatwa.
  2. ulama yang sangat dalam kemampuannya tentang ma'rifat kepada dzat Allah. Ulama seperti ini disebut hukama'. golongan ulama ini senantiasa menitikberatkan pada upaya memperbaiki tingkah laku dan akhlak, baik untuk diri sendiri maupun umatnya. demikian itu karena hati mereka selalu tersinari dengan ma'rifatullah  dan jiwa mereka selalu tersinari dengan cahaya keagungan Allah.
  3. ulama ulama besar yang disebut dengan al-kubara'. ulama seperti ini senantiasa melakukan hal-hal yang terpuji untuk kepentingan makhluk Allah, terutama ahli ibadah. lirikannya lebih  memberi manfaat daripada ucapannya. Barang siapa lirikannya memberi manfaat kepada anda, maka tentu bermanfaatlah ucapannya. begitu pula sebaliknya, barang siapa yang lirikannya tidak memberi manfaat kepada anda, maka ucapannya pun tidak akan memberi manfaat. 

 

1 komentar: